Selasa, 29 Januari 2013

HIV/AIDS dan Condom



HIV / AIDS  dan KONDOM
Apa sich  HIV  / AIDS itu ?
HIV itu singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini menjangkiti sistem kekebalan tubuh kita dan melumpuhkannya secara perlahan. Jika sudah selesai dalam masa inkubasi (biasanya 2-10 tahun, bergantung kekuatan tubuh yang terinfeksi), maka HIV menjalankan fase penyerangan dan orang tersebut dikatakan terjangkit AIDS.
AIDS sendiri singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome, yaitu gejala menurunya kekebalan tubuh karena virus HIV. Orang yang terjangkit AIDS dipastikan sama seperti kanker ganas. Tergantung daya tahan tubuhnya. Yang jelas, ia tinggal menghitung hari menuju kematian.
Bagaimana sich cara penularan HIV / AIDS ?
HIV/AIDS dapat menular melalui:
1.   Hubungan seks.
2.   Transfusi darah.
3.   Pemakaian jarum suntik.
Lalu apa hubungannya kondom dengan HIV / AIDS ?
Dulunya para Ginekolog percaya bahwa kondom itu bisa mencegah semua penyakit kelamin. Namun ternyata, setelah penelitian lebih lanjut, ukuran virus HIV 4 kali lipat lebih kecil dari pori-pori kondom dalam keadaan normal (tidak meregang). Virus HIV 1/240 mikron, sedangkan pori-pori kondom 1/60 mikron. Bisa lebih besar lagi kalo meregang waktu dipake.
Nah, dengan demikian, virus HIV tentu mudah sekali melewati kondom. Coba bayangkan, truk selebar 4 meter aja cuman butuh jalan lebar 5 meter dah bisa jalan. Gimana kalo dikasi jalan selebar 16 meter ??????? Bayangkan…….:D
Jadi orang pake kondom untuk apa?
Sebenarnya sekarang ini kondom lebih difokuskan sebagai alat kontrasepsi. Sebagai birth control program alias KB. Coz nggak semua orang cocok dengan obat-obatan dan operasi-operasi kontrasepsi. Kalo lantas kondom disalahgunakan untuk mencegah kehamilan pasangan yang tidak sah, bukan salah kondomnya sih. Itu murni salah orangnya. Dan harus selalu diingat kondom bukanlah alat pencegah dari terjangkitnya HIV / AIDS. Cam kan itu,,,,,,,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar